MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Al Adawiyah, Rabiatul (2018) MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
Robiatul Al Adawiyah TB 140511 Biologi - robiatul aladawiyah.pdf

Download (7MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Biologi yang ditunjukkan dengan persentase sebesar 53,8% atau ada 14 siswa dari 26 siswa yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi dan aktivitas siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri Surulangun Rawas melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di adopsi dari Model Kurt Lewin dengan tahapan siklus, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar Biologi dan aktivitas siswa. Hasil tes keberhasilan belajar pada aspek afektif dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 63,9 dan pada siklus II yaitu 78 artinya terjadi peningkatan sebanyak 34,4% selanjutnya pada aspek psikomotorik dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 63,5 dan pada siklus II yaitu 79,8 artinya terjadi peningkatan sebanyak 22,4% dan pada aspek kognitif dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 66,5 dan pada siklus II yaitu 72 artinya terjadi peningkatan sebanyak 23,5%. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 79,5 dan pada siklus II sebesar 93,12. Maka persentase peningkatan aktivitas siswa yaitu 13,7%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri menunjukkan hasil positif terhadap peningkatan hasil belajar Biologi dan aktivitas siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri Surulangun Rawas pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Biologi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:37
Last Modified: 10 Jan 2020 03:37
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item View Item