KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PASIEN (STUDI PADA PUSKESMAS MUARA JERNIH KECAMATAN TABIR ULU KABUPATEN MERANGIN)

Mizwar, Rozy and Zikwan, Zikwan and Hasanah, Nur (2018) KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PASIEN (STUDI PADA PUSKESMAS MUARA JERNIH KECAMATAN TABIR ULU KABUPATEN MERANGIN). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
ROZI MIZWAR - Rozi Mizwar.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini mebahas kualitas pelayanan terhadap pasien (studi pada Puskesmas Muara Jernih Kecamatan Tabir Ulu Kabupaten Merangin) yang berjalan kurang baik.Adapun permasalahan utamanya menjelaskan tentang bagaimana kualitas pelayanan Puskesmas Muara Jernih Kecamatan Tabir Ulu dan tujuan penenelitian ini adalah ingin mengetahui kualitas pelayanan Puskesmas Muara Jernih Kecamatan Tabir Ulu. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data dan verifikasi/penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan ketelitian pengamatan, trianggulasi, dan melakukan konsultasi pembimbing. Hasil penelitian ini adalah bentuk kualitas pelayanan terhadap pasien (studi pada Puskesmas Muara Jernih Kecamatan Tabir Ulu) belum begitu maksimal di bandingkan dengan standar pelayanan publik yang telah di tetapkan oleh undang-undang, sebagian ada yang sudah maksimal dan sebagian lainnya bulum maksimal seperti pelayanan terhadap pasien, penyampain informasi kepada orang lain mengenai informasi dan model interaksional, yaitu interaksi antar individu tidak sepihak. Antara individu saling aktif, reflektif dan kreatif dalam memaknai dan menafsirkan informasi pesan yang dikomunikasikan.Kendalanya adalah kurangnya interaksi petugas pelayanan dengan pasien sehingga pasien merasa tidak puas dengan pelayanan yang dilakukan oleh pihak petugas pelayanan Puskesmas Muara Jernih Kecamatan Tabir Ulu.Selanjutnya sarana dan prasarana seperti alat pengobatan, obat-obatan dan kendaraan ambulan.upaya peningkatan pelayanan dan sarana prasarana harus ditingkatkan lagi suapaya Puskesmas Muara Jernih akan lebih baik lagi kedepannya untuk masyarakat Tabir Ulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kualitas, Pelayanan Publik, Puskesmas.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah > Jurnalistik Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:28
Last Modified: 10 Jan 2020 03:28
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item