NGELAYAK:UPAYA ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA KUALA SIMBUR KECAMATAN MUARA SABAK TIMUR KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR

Wulandari, Safitri and Sissah, Sissah and Addiarrahman, Addiarrahman (2018) NGELAYAK:UPAYA ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA KUALA SIMBUR KECAMATAN MUARA SABAK TIMUR KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SAFITRI WULANDARI_SES 141503_AKUNTANSI SYARIAH - susan new.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi upaya Istri nelayan dalam meningkat pendapatan rumah tangga di Desa Kuala Simbur Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Kualitatif Sosiologis Etnografi. Dalam pengumpulan data, teknik yang peniliti gunakan dengan melakukan wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi. Dalam penelitian ini adalah lima responden masyarakat Desa Kuala Simbur, Kecamatan Muara Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor pendorong atau latar belakang perempuan melakukan upaya dalam peningkatan pendapatan rumah tangga adalah faktor pendapatan suami yang kurang mencukupi dan tingginya tuntutan biaya hidup. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa selain wanita nelayan berperan sebagai ibu rumah tangga (domestik), istri nelayan di Desa Kuala Simbur juga berperan dan ikut berpartisipasi mencari nafkah untuk pemenuhan ekonomi keluarganya. Partisipasi istri dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Kuala Simbur diwujudkan dalam melakukan ngelayak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Ngelayak, Istri nelayan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:19
Last Modified: 14 Apr 2020 15:35
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/660

Actions (login required)

View Item View Item