DAMPAK REMAJA MENGIKUTI MUSABAQAH TILAWATIL QURAN TERHADAP PRILAKU HIDUP DESA SUNGAI TERAP KECAMATAN KUMPEH ULU TAHUN 2017

Salbani, Salbani and Hidayat, Hidayat and Nasir, Nasir (2018) DAMPAK REMAJA MENGIKUTI MUSABAQAH TILAWATIL QURAN TERHADAP PRILAKU HIDUP DESA SUNGAI TERAP KECAMATAN KUMPEH ULU TAHUN 2017. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SALBANI-TP140883 - Syal Bani.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Dampak Remaja yang Mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur‟an Terhadap Prilaku Kehidupan Sosial Desa Sungai Terap Kecamata Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi dan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan grand tour di Desa Sungai Terap tepatnya yang keseharian remajanya banyak nelajar Al-Qur‟an dan hampir setiap hari mengaji pagi dan malam. Sebagian besar remaja di Desa Sungai Terap Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi semua remajanya bisa mengaji dan banyak yang aktif mengikuti lomba Musabaqoh Tilawatil Qur‟an (MTQ) yang unggulanya yaitu cabang tahfizh dan tilawah. Selain aktif mengikuti lomba Musabaqoh Tilawatil Qur‟an di kumpeh, remaja di Desa Sungai Terap Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi yang juga aktif di kota lain yaitu kabupaten Tebo, Batang Hari, Kota Jambi, Muaro jambi dan lain-lan. Penelitian ini adalah sebuah penelitian kualitatif, yang merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menelii pada kondisi obyek yang alamiah, sedangkan sifat dari penelitian ini adalah deskriptif ini digunakan untuk menggambar berbagai fakta yang terdapat dalam kehidupan sosial yang mendalam. Hasil penelitian ini adalah Dampak Remaja yang Mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur‟an Terhadap Prilaku Kehidupan Sosial Desa Sungai Terap Kecamata Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambiyang telah memunculkan dampak yang baik bagi remaja dan masyarakat di Desa ini. Yang dahulu minimnya tempat pengajian di rumah-rumah sekarang sudah terlihat banyak antusias anak-anak yang masih duduk di Sekolah Dasar yang ingin belajar mengaji dan ingin menghafal Al-Qur‟an. Dari banyaknya dampak positif bagi masyarakat keseluruhanya masih ada dari segi negatif bahwa masih ada remaja yang ikut serta dalam Musabaqoh Tilawatil Qur‟an (MTQ) masih terlihat yang membuka aurat baik laiki-laki maupun prempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Dampak Musabaqoh Tilawatil Qur'an, Upaya Remaja
Subjects: 200 Agama
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 10 Jan 2020 02:57
Last Modified: 10 Jan 2020 02:57
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item