PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHIMG AND LEARNING UNTUK MENINGKAT HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEMATIK PADA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN TELANAPURA KOTA JAMBI

Sari, Junita and Shalahudin, Shalahudin and Azir, M (2020) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHIMG AND LEARNING UNTUK MENINGKAT HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEMATIK PADA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN TELANAPURA KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
Junita sari.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tematik Pada Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Telanaipura Kota Jambi. Tujuan skripsi ini adalah mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik pada kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Telanaipura kota Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Telanaipura Kota Jambi. Sedangkan objek penelitian adalah penerapan model Contextual Teaching And Learning, menigkatkan hasil belajar pada tema panas dan perpindahannya subtema 3 indahnya persatuan dan kesatuan negriku. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif meliputi, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil evaluasi tiap siklus, penelitian ini menggunakan tiga siklus. Siklus I dengan rata-rata hasil belajar siswa 71 dengan persentase ketuntasan 55%, siklus II dengan rata-rata hasil belajar siswa 75 dengan persentase ketuntasan 75%. Dengan demikian model contextual teaching and learning dapat meningkatkah hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 17 Feb 2021 07:23
Last Modified: 17 Feb 2021 08:24
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6532

Actions (login required)

View Item View Item