STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (STUDI DI KUB RADESTA KELURAHAN RANO KECAMATAN MUARA SABAK KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI)

Ikhsan, M. Taufik and Miftah, A. A and Pangiuk, Ambok (2018) STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (STUDI DI KUB RADESTA KELURAHAN RANO KECAMATAN MUARA SABAK KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SE120110 M. Taufik Ikhsan Ekonomi Syariah - sandi kurnia.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegelisahan akademik mengenai isu aktual mengenai MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) dan sejumlah tantangan yang ditimbulkan olehnya terkhusus bagi pelaku seperti Kelompok Usaha Bersama (KUB) Radesta. Melalui penelitian ini ingin dijawab tiga hal penting yaitu: (1) Bagaimana strategi Kehumasan KUB RADESTA dalam mendukung usaha pemasaran produk usaha kerajinan anyaman pandan?; (2) Apa faktor penghambat KUB RADESTA dalam implementasi strategi pemasaran produk kerajinan anyaman pandan? dan (3) Apa upaya KUB Radesta dalam mengatasi faktor penghambat dan tantangan MEA? Menjawab persoalan diatas, maka peneliti menggunakan metodologi penelitian yang sistematik. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, setting penelitianya di Divisi Humas Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan miles and huberman (reduksi, display, verifikasi, kesimpulan), sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan teknik trianggulasi. Setelah melakukan riset di lapangan dengan metodologi yang ada, maka diperoleh temuan sebagai berikut: (1) Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Strategi-strategi kehumasan yang ditempuh oleh KUB Radesta dalam pemasaran produk adalah dengan jalan: pemanfaatan brosur, melakukan kegiatan promosi penjualan dan bisnis, memaksimalkan divisi humas KUB Radesta untuk aktif dalam memeperkenalkan produknya kepada masyarakat, mendafarkan produk produk anyaman dalam setiap event-event pameran, serta menggunakan media sosial sebagai penyebaran info produk. (2) Adapun hamabatan yang dihadapi oleh KUB Radesta dalam usaha penerapan strategi pemasaran produk anyaman pandan adalah dikarenakan adanya beberapa faktor yaitu: PR KUB Radesta yang belum memiliki kualifikasi pendidikan kehumasan, kurangnya sarana dan prasarana penunjang promosi, dan masih adanya persepsi bahwa pekerjaan promosi tersebut bukanlah kegiatan inti dalam suatu organisasi seperti halnya kegiatan produksi. (3) Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pihak pengurus KUB Radesta dalam upayanya mengatasi kendala penerapan starategi pemasaran dan tantangan MEA adalah dengan jalan sebagai berikut: meningkatkan kompetensi humas KUB Radesta untuk lebih gencar dalam melakukan kegiatan promosi, melakukan loby loby kepada pihak pemerintah, melakukan peningkatan dan pengembangan SDM yang ada pada setiap anggota KUB Radesta sehingga kinerja KUB Radesta berjalan dengan efisien, melibatkan kegiatan perusahaan dengan memanfaatkan media teknologi informasi, serta melakukan evaluasi dengan analisis SWOT secara berkala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: MEA, KUB Radesta, Public Relations.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 10 Jan 2020 02:19
Last Modified: 10 Jan 2020 02:19
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item