PENGARUH PEMBERIAN MODAL TERHADAP PENDAPATAN UMKM MASYARAKAT (STUDI PADA JASA KEUANGAN BKAD PNPM KECAMATAN PENGABUAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT)

Zakiyah, Liya Ummu and Madjid, Nazori and Habibah, G.W.I Awal (2018) PENGARUH PEMBERIAN MODAL TERHADAP PENDAPATAN UMKM MASYARAKAT (STUDI PADA JASA KEUANGAN BKAD PNPM KECAMATAN PENGABUAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SES 141364. LIA UMMU ZAKIYA - Rina Budiarti.pdf

Download (1MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan sentral dalam peningkatan pendapatan nasional. Dalam upaya pengembangan UMKM, para pelaku UMKM memerlukan modal yang cukup besar agar kegiatan usaha yang mereka jalankan dapat berlangsung. Sumber modal bisa didapat dari diri sendiri dan juga dari orang lain, seperti yang dilakukan oleh sebagian pelaku UMKM di Kecamatan Pengabuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Mereka mendapatkan pembiayaan modal dari pihak BKAD PNPM untuk menjalankan usahanya, namun sebagai UMKM yang mendapatkan pembiayaan modal juga masih memiliki beberapa masalah seperti UMKM lainya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian modal terhadap pendapatan UMKM pada masyarakat di Kecamatan pengabuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan angket. Berdasarkan analisis secara parsial melalui uji t diperoleh hasil yang signifikan, dimana hipotesis terbukti secara teoritis dan secara statistik yang terukur. Adapun persamaan regresinya yakni pendapatan = 1,270 + 0,034 modal, yang berarti pemberian modal berpengaruh searah (secara positif) terhadap pendapatan UMKM masyarakat di Kecamatan Pengabuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dan berdasarkan koefisien determinasi, diketahui bahwa modal mampu menjelaskan variasi pergerakan variabel pendapatan UMKM masyarakat sebesar 0,367% atau 36,7% sementara 63,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Modal dan Pendapatan UMKM
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 10 Jan 2020 01:42
Last Modified: 10 Jan 2020 01:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item