PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MENGGUNAKAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 BATANGHARI

Fitriyani, Lilis and Murtadlo MS, Ali and Yuliani Sundara, Vinny (2020) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MENGGUNAKAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 BATANGHARI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi.

[img] Text (Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis Menggunakan Pendidikan Matematika Realistik (Realistic Mathematics Education) Kelas Vii di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Batanghari)
Lilis Fitriyani_TM161314.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis peserta didik antara sebelum menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik dengan sesudah menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik pada materi Aritmetika Sosial di kelas VII MTsN 6 Batanghari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu 0ne-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN 6 Batanghari yang memiliki kemampuan penalaran matematis rendah rendah yang berjumlah 21 peserta didik dari 26 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data Uji T. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh t_(t,5%)<t_0=2,14<9,70. Dari hasil perhitungan tersebut, peneliti menemukan bahwa penerapan pembelajaran pendidikan matematika realistik (Realistic Mathematics Educations) secara signifikan memang terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis peserta didik antara sebelum dan sesudah menggunakan pendidikan matematika realistik di kelas VII MTsN 6 Batanghari. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru dapat menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kemampuan penalaran matematis, Pendekatan pendidikan matematika realistik.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:19
Last Modified: 01 Feb 2021 04:21
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6431

Actions (login required)

View Item View Item