ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN ASURANSI DANA PENDIDIKAN BERBASIS SYARIAH DI KOTA JAMBI (STUDI KASUS MASYARAKAT KECAMATAN DANAU TELUK)

Faramita, Rossa and Pangiuk, Ambok and Habibah, G.W.I Awal (2018) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN ASURANSI DANA PENDIDIKAN BERBASIS SYARIAH DI KOTA JAMBI (STUDI KASUS MASYARAKAT KECAMATAN DANAU TELUK). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SES.141496_Rossa Faramita_Ekonomi Syariah - Adi Sasmito.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi masyarakat terhadap asuransi dana pendidikan berbasis syariah di kota Jambi, dengan membatasi studi kasus pada masyarakat Danau Teluk. Metode yang dugunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui angket, wawancara, dokumentasi. Data-data diuji kelayakannya dengan uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik normalitas serta heterokedastisitas. Selanjutnya, dianalisis dengan uji t, regresi sederhana dan determinasi, dengan keseluruhan sampel yang berjumlah 100 orang. Hasil yang diperoleh adalah persepsi terbukti berpengaruh signifikan terhadap asuransi, dengan nilai sig < 0,05 sehingga hipotesis terbukti secara teoritis dan statistika. Arah pengaruhnya bersifat searah (positif) yang diketahui melalui hasil persamaan regresi linier sederhana sebagai berikut : Asuransi Dana Pendidikan = 9,530 + 0,317 Persepsi Masyarakat. Terakhir, diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,288. Hasil ini menunjukkan variabel persepsi sebagai variabel independen mampu menggerakkan variabel asuransi (Y) sebesar 0,288 atau 28,8%. Sedangkan sisanya 71,2% nilai dari variabel asuransi dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Persepsi, Asuransi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 10 Jan 2020 00:49
Last Modified: 10 Jan 2020 00:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item