PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA NURURRODHIYAH KOTA JAMBI

Ningsih, Dwi Setya and Idarianty, Idarianty and Yuliani Sundara, Vinny (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA NURURRODHIYAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nururrodhiyah Kota Jambi)
DWI SETYA NINGSIH-TM161291.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari bukti, menjawab pertanyaaan dan mengetahui kejelasan dan kepastian tentang signifikan tidaknya Pengaruh hasil Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nururrodhiyah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu posttest only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes pemahaman konsep matematis. Sampel penelitian berjumlah 15 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share. Dan berjumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran Direct Intruction . Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh perbedaan sedangkan besaran pegaruh dapat dibuktikan dengan analisi phi koefisien Hal ini menunjukkan bahwa diterima dan ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap pemahaman konsep matematis siswa di Madrasah Tsanawiyah Nururrodhiyah Kota Jambi. Kata kunci : Model pembelajaran Think Pair Share, Matematika, Pemahaman konsep matematis ABSTRACT This study was conducted with the aim of finding evidence, answering questions and knowing the clarity and certainty of the significance of the effect of the application of Think Pair Share Learning Models on Students' Mathematical Concept Understanding in Madrasah Tsanawiyah Private Nururrodhiyah Jambi City. This research is a quantitative study using experimental research methods, namely posttest only control design. Sampling is done using simple random sampling technique, while data collection is done using a mathematical concept understanding test instrument. The research sample of 15 students as an experimental class by applying Think Pair Share Learning Model. And a total of 15 students as a control class with Direct Instruction learning. From the results of t-test calculations obtained differences while the magnitude of influence can be proven by analysis phi coefficient This shows that Ha is accepted and Ho is rejected, meaning that there is a significant influence in the application of Think Pair Share Learning Model to students' understanding of mathematical concepts in Madrasah Tsanawiyah Nururrodhiyah, Jambi City.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran Think Pair Share, Matematika, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 22 Dec 2020 04:59
Last Modified: 22 Dec 2020 05:04
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6320

Actions (login required)

View Item View Item