PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DENGAN ANGGARAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA (STUDI KASUS PADA PT. SANUBARI MEGAH PERKASA JAMBI)

Anugrah, Bram and Miftah, A. A and Rosmanidar, Elyanti (2018) PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DENGAN ANGGARAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA (STUDI KASUS PADA PT. SANUBARI MEGAH PERKASA JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SES130235 Bram Anugrah Ekonomi Syariah - bram anugrah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Struktur organisasi yang menetapkan secara tegas wewenang dan tanggung jawab tiap tindakan manajemen, (2) Anggaran biaya yang disusun untuk tiap tingkatan manajemen, (3) Penggolongan biaya sesuai dengan dapat dikendalikan tidaknya (Controlibility) biaya oleh manajemen tertentu dalam organisasi, (4) Sistem akuntansi biaya yang disesuaikan dengan struktur organisasi, (5) Sistem pelaporan biaya kepada manajer yang bertanggungjawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan jenis penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk menjelaskan karakteristik variabel dari permasalahan yang sedang dihadapi. Tempat penelitiannya adalah PT. Sanubari Megah Perkasa Jambi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2018. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah Tenik Wawancara, Teknik Observasi & Tekni Dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : PT. Sanubari Megah Perkasa Jambi telah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban dengan menggunakan syarat dan karakteristik yang sesuai, namun disalah satu indikator yaitu biaya terkendali dan tak terkendali perusahaan belum seusai karena tidak adanya pemishan biaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Syarat-Syarat Dan Karakteristik Akuntansi Pertanggungjawaban
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:11
Last Modified: 09 Jan 2020 03:11
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item