IMPLEMENTASI KEGIATA PRAMUKA PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 220 /IV PERUMNAS AUR DURI KOTA JAMBI

RENI SAFITRI, TPG161944 and Shalahudin, Shalahudin and Azim, Fauzan (2020) IMPLEMENTASI KEGIATA PRAMUKA PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 220 /IV PERUMNAS AUR DURI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi.

[img] Text (Implementasi Kegiatan Pramuka Pada Kurikulu 2013 Di Sekolah Dasar Negeri 220/IV Perumnas Aur Duri Kota Jambi)
SKRIPSI RENI SAFITRI (TPG161944).pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Kegiatan Pramuka Pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 220/IV Perumnas Aur Duri Kota Jambi Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan Pramuka di Sekolah Dasar Negeri 220/IV Perumnas Aur Duri Kota Jambi. Apa saja kendala yang dihadapi dalam pengimplementasian kegiatan pramuka pada kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 220/IV Perumnas Aur Duri Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pendidikan merupakan suatu usaha sadar yang dilakukan sebagai upaya mengubah sikap dan perilaku seseorang yang lebih menitikberatkan pada pengembangan dan pembentukkan kepribadian seseorang. Pendidikan di Indonesia lebih cenderung berorientasi pada pendidikan berbasis hard skill yang lebih bersifat mengembangkan Intelligence Quotient (IQ). Sedangkan kemampuan soft skill yang tertuang dalam Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) sangat kurang. Itulah mengapa output pendidikan yang memiliki kemampuan intelektual tinggi, pintar, juara kelas, tetapi miskin membangun relasi, kekurangmampuan bekerja sama, cenderung egois, serta menjadi pribadi yang tertutup. Indonesia semakin lemah dengan mundur nya penyatuan setiap individu bangsa nya. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sesuai dengan data yang diperoleh peneliti, pelaksanaan implementasi kegiatan pramuka pada kurikulum 2013 yakni, pelaksanaan berjalan sesuai dengan Permendikbud no. 63 tahun 2004 dan dilaksanakan oleh seluruh siswa dengan waktu yang telah ditentukan, serta alat peraga dan buku bacaan yang sangat menunjang kualitas pendidikan wajib kepramukaan. Beberapa faktor penghambat pelaksanaan kegiatan yakni kurangnya memahami tentang pendidikan wajib pramuka oleh guru – guru sehingga siswa muluk – muluk untuk mengikuti kegiatan pramuka pada jam pagi ke siang. Kata Kunci: Kegiatan Pramuka, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: kegitan pramuka, kurikulum 2013
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:14
Last Modified: 27 Aug 2021 03:53
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6226

Actions (login required)

View Item View Item