PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PROF.DR. SRI SOEDEWI MASCHJUN SOFWAN, SH. KOTA JAMBI.

Octaviani, Retno and El Widdah, Minnah and Fatmawati, Kiki (2020) PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PROF.DR. SRI SOEDEWI MASCHJUN SOFWAN, SH. KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Problematika Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH. Kota Jambi)
SKRIPSI RETNO OCTAVIANI.pdf - Published Version

Download (23MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Problematika Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Prof.Dr.Sri Soedewi Mascjhun Sofwan.SH Kota Jambi, dengan tujuan : 1. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Matematika pada anak tunarungu di SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Kota Jambi. 2. Mendeskripsikan problematika yang diahadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran matematika kelas V di SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Kota Jambi. 3.mendeskripsikan upaya dalam mengatasi problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran Matematika kelas V di SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Kota Jambi. Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskripstif. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya dengan pengolahan, klasifikasi atau pengorganisasian data, dan penarikan kesimpulan atau temuan.proses pengecekan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan tringulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran matematika kelas V tunarungu SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Kota Jambi antara lain : 1. Pelaksanaan pembelajaran yang belum terlaksana dengan baik, pembelajaran matematika siswa masih dibawah rata-rata dalam berhitung. 2. Dalam pelaksanaan pembelajaran matematika ditemukan problematika guru sebagai berikut : a. Guru mengalami kesulitan mengajar dikarenakan guru tidak memiliki latar belakang pendidikan luar biasa ataupun seorang guru, guru kesulitan dalam membuat RPP, menggunakan media pembelajaran, dan juga metode pembelajaran anak tunarungu serta masih kesulitan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat dengan siswa sehingga guru menggunakan bahasa isyarat lokal. 3. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika guru adalah : a. Sekolah berkerja sama dengan dinas pendidikan khusus mengadakan pelatihan untuk guru non PLB. b. Ketua kekhususan mengadakan KKG per-triwulan. c. Guru mengikuti pelatihan yang diselenggarakan di sekolah serta bekerja sama dengan orang tua untuk menjadi pendamping belajar saat anak berada dirumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Problematika Guru, Matematika,Tunarungu
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:02
Last Modified: 02 Dec 2020 03:03
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6217

Actions (login required)

View Item View Item