PROFESIONALITAS KERJA KASI PENDIDIKAN MADRASAH (PENMAD) DALAM PEMBINAAN MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA JAMBI

Anis Wati Mamlu'ah, Anis and Abd, Malik and A, Ridwan (2020) PROFESIONALITAS KERJA KASI PENDIDIKAN MADRASAH (PENMAD) DALAM PEMBINAAN MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA JAMBI. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Profesionalitas Kerja Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) dalam Pembinaan Madrasah Tsanawiyah Swasta Pada Kantor Kementerian Agama Kota Jambi)
MMP. 182882 . Profesionalitas Kerja Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) dalam Pembinaan Madrasah Tsanawiyah Swasta Pada Kantor Kementerian Agama Kota Jambi.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Mewujudkan sebuah tujuan organisasi yang efektif dan efisien, seseorang yang menjabat atau memegang tanggung jawab sebuah organisasi tersebut haruslah seorang yang profesional. Kantor Kementerian Agama Kota Jambi merupakan Kantor yang memiliki pegawai-pegawai yang profesional di masing-masing bidang keahliannya khususnya di bidang pendidikan madrasah (penmad). Fokus penelitian ini adalah bagaimana profesionalitas, prosedur pelaksanaan dan evaluasi dari profesionalitas kerja kasi dalam melakukan pembinaan pada tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kementerian Agama Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi nonpartisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa (1) Profesionalitas kerja Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) dalam pembinaan Madrasah Tsanawiyah Swasta khususnya pada pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan Madrasah Tsanawiyah Swasta Kementerian Agama Kota Jambi menunjukkan rata-rata setuju yang menyatakan bahwa Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) yang baru menjabat tahun 2019 dalam melakukan pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan pada Madrasah Tsanawiyah Swasta Kantor Kementerian Agama Kota Jambi memilki kompetensi, dan komitmen yang cukup baik. Serta mampu berkoordinasi, berkomunikasi, berdiskusi dan bekerja sama dengan cukup baik bersama tenaga pendidik Madrasah Tsanawiyah Swasta Kementerian Agama Kota Jambi. (2) Prosedur pelaksanaan profesionalitas kerja kasi penmad dalam pembinaan madrasah Tsanawiyah Swasta di bidang tenaga pendidik dan kependidikan pada kantor Kementerian Agama Kota Jambi tersebut selalu berusaha untuk mengikuti dan memperbaiki kerja sesuai dengan Pasal 269 PMA Nomor 13 Tahun 2012 dan juknis panduan kerja pengawas sekolah pendidikan dasar dan menengah, kemdikbud tahun 2017 yang mengatakan bahwa dalam melaksakan program pembinaan terhadap tenaga pendidik dan kependidikan Kasi Penmad berkoordinasi dengan pengawas dalam menyusun rencana pembinaan guru dan kepala madrasah, melaksanakan pembinaan guru dan kepala madrasah, menyusun laporan hasil pembinaan dan mengevaluasi hasil pembinaan. (3) Adapun evaluasi dari pelaksanaan profesionalitas kerja Kasi Penmad dalam pembinaan Madrasah Tsanawiyah Swasta di bidang tenaga pendidik dan kependidikan kantor Kementerian Agama Kota Jambi sudah cukup baik dalam melakukan upaya-upaya evaluasi, diantaranya: Adanya penggantian kasi penmad yang lama dengan yang baru saat ini, adanya peningkatan program pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan. Adanya peningkatan komunikasi, kerja sama dan koordinasi yang efektif dan efisien antara kasi penmad dan pengawas Madrasah Tsanawiyah Swasta Kantor Kementerian Agama Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Profesionalitas, Prosedur Pelaksanaan dan Evaluasi Pelaksanaan
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 01 Dec 2020 08:30
Last Modified: 01 Dec 2020 08:32
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6213

Actions (login required)

View Item View Item