Urgernsi Pendidikan Kecerdasan Emosional pada Anak Usia Dini di Sekolah

Shalahudin, Shalahudin and Marwiyah, Marwiyah (2020) Urgernsi Pendidikan Kecerdasan Emosional pada Anak Usia Dini di Sekolah. In: PROSIDING INTERNATIONAL SEMINAR on ISLAMIC STUDIES AND EDUCATION(ISoISE), 20-21 Februari 2020, Universiti Kebangsaan Malaysia.

[img] Text (Urgernsi Pendidikan Kecerdasan Emosional pada Anak Usia Dini di Sekolah)
Prosiding VLS ISoISE-432-439.pdf - Published Version

Download (122kB)

Abstract

Pendidikan kecerdasan emosional sangat penting pada anak usia dini, karena usia dini yaitu usia 0 sampai 6 tahun disebut masa keemasan (golden age) adalah usia sangat strategis sekaligus usia kritis dalam proses pendidikan dan menjadi pengaruh besar pada seseorang dimasa selanjutnya. Kecerdasan emosional (Emotional Intelligence = EI) tidak kalah pentingnya dengan kecerdasan intelektual (intelligence Quetient = IQ), sebagian besar masyarakat mempunyai kecerdasan dalam IQ namun kurang memiliki self regulation atau pengendalian diri dalam EI, sehingga tidak mampu mengontrol dan merespon secara positif setiap kondisi yang merangsang muncul nya emosional seperti rasa gembira, kecewa, benci, cinta, marah, suka dan sedih dalam diri. Merespon minimnya kecerdasan pengendalian diri emosional tersebut, maka pentingnya meningkatkan pendidikan kecerdasan emosional pada anak usia dini disekolah, yang perlu dilaksanakan secara kontinu dan terukur dengan menggunakan strategi dan model pendekatan secara terpadu, yaitu dengan melibatkan semua unsur yang tekait dalam proses pendidikan seperti : kepala sekolah, para guru, orang tua, tokoh masyarakat dan stakeholder lainnya

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:11
Last Modified: 27 Aug 2021 03:59
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6199

Actions (login required)

View Item View Item