Pengaruh Social Support dan Kemampuan Menggunakan Internet terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Risnita, Risnita and Sobirin, Sobirin (2020) Pengaruh Social Support dan Kemampuan Menggunakan Internet terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. PROSIDING INTERNATIONAL SEMINAR on ISLAMIC STUDIES AND EDUCATION (ISoISE). pp. 369-384. ISSN 978-602-60957-6-3 (PDF)

[img] Text (Pengaruh Social Support dan Kemampuan Menggunakan Internet terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Prosiding VLS ISoISE-378-392.pdf - Published Version

Download (448kB)

Abstract

Penelitian terhadap Social Support baik bersifat kualitatif dan kuantitatif telah banyak di lakukan dalam berbagai disiplin ilmu, seperti psikologi, kesehatan dan Sosiologi, namun sangat sedikit dikaji dalam dunia Pendidikan. Sadar ataupun tidak sadar, pentingnya Social Support telah menjadi bagian hadir dan menjadi bagian dari dunia pendidikan. Begitu pula dengan Internet di Era Revolusi Industri 4.0 Internet telah menjadi bagian penting dalam proses dan perkembangan dunia pendidikan yang wajib dikuasi oleh pendidik, calon pendidik, dan peserta didik untuk meningkatan hasil belajar. Berlandaskan pada Grand Tour yang dilakukan diketahui Social Support tidak didapat secara maksimal oleh Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Sulthan Thaha Saifuddin Jambi begitu juga dengan rendahnya kemampuan menggunakan internet mahasiswa tersebut. Melalui metode penelitian kuantitatif penulis melakukan analisis deduktif yang berlandaskan pada teori-teori yang digunakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial maupun simultan Social Support dan kemampuan menggunakan internet terhadap hasil belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Temuan penelitian: pertama, terdapat pengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan Social Support dan kemampuan menggunakan internet terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi hal ini ditunjukkan dengan nilai Thitung ˂ Thitung (X111,185 ˂ 1,66088, X2 4.033 ˂ 1,66088), dan nilai Fhitung ˂ Ftabel. (65,564 > 2,70) pada taraf signifikan 0.05%. Kedua, pengaruh Social Support dan kemampuan menggunakan internet terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi adalah sebesar 56.3% yang ditunjukkan dengan nilai RSquare sebesar 0,563 yang juga berarti menunjukkan hubungan yang kuat, sisanya 43.7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:11
Last Modified: 30 Nov 2020 03:11
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6198

Actions (login required)

View Item View Item