Leadership Kepala Sekolah Menuju Sekolah Efektif

El Widdah, Minnah and Al-Idrus, Said Al-Bukhari and Riyanty, Ida (2020) Leadership Kepala Sekolah Menuju Sekolah Efektif. PROSIDING INTERNATIONAL SEMINAR on ISLAMIC STUDIES AND EDUCATION (ISoISE). pp. 123-136. ISSN 978-602-60957-6-3 (PDF)

[img] Text (Leadership Kepala Sekolah Menuju Sekolah Efektif)
Prosiding VLS ISoISE-132-144.pdf - Published Version

Download (239kB)

Abstract

Esensi kepemimpinan adalah kepengikutan kemauan orang lain untuk mengikuti keinginan pemimpin. Kepala sekolah sebagai pemimpin harus mampu menimbulkan kemauan yang kuat dengan penuh semangat dan percaya diri para bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing serta memberikan dorongan, memacu dan berdiri didepan demi kemajuan dan memberikan inspirasi dalam mencapai tujuan. Salah satu faktor penentu, tinggi rendahnya mutu pendidikan dan efektifitas sekolah ialah kepemimpinan kepala sekolah. Hal itu dapat dimengerti karena kepemimpinan bukan hanya mengambil inisiatif, melainkan bermakna pula kemampan manajerial, yaitu kemampuan mengatur dan menempatkan sesuatu sesuai dengan tempatnya, tapi kepemimpinan adalah suatu kekuatan penting dalam rangka pengelolaan sekolah efektif. Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan karena ada hubungannya antara keberhasilan mutu pendidikan sekolah dengan mutu kepala sekolah. Sekolah yang berhasil adalah sekolah yang dipimpin oleh kepala sekolah yang bermutu, beguti juga sebaliknya sekolah kurang berhasil adalah sekolah yang dipimpin oleh kepala sekolah yang kurang bermutu. Kepala sekolah dalam menyelenggarakan tugas dan fungsinya sebagai pemimpin dan pengelola sekolah harus memiliki visi dan misi, serta strategi manajemen pendidikan secara utuh dan berorientasi kepada mutu. Strategi ini merupakan usaha sistematis dan terkoordinasi secara terus menerus untuk memperbaiki kualitas layanan. Studi keberhasilan sekolah menunjukkan bahwa kepala sekolah adalah orang yang menentukan fokus dan suasana sekolah. Oleh sebab itu, dikatakan pula bahwa keberhasilan suatu sekolah adalah sekolah yang memiliki pemimpin yang berhasil (effective leaders)

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:26
Last Modified: 02 Aug 2021 06:56
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6190

Actions (login required)

View Item View Item