PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS VII MTs JAUHARUL IMAN SENAUNG

JUNIANTI, NENI and Hasan, Hadri and Armida, Armida (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS VII MTs JAUHARUL IMAN SENAUNG. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS VII MTs JAUHARUL IMAN SENAUNG)
SKRIPSI JADI.pdf

Download (960kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside out side (IOC) terhadap penguasaan konsep siswa pada materi biologi MTs jauharul iman senaung muaro jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain true eksperimental- posttes only control design. Instrumen penvumpulan data yangbtelah diperoleh, hasil perhitungan didapat nilai rata-rata kelas eksprerimen peda pertemuan I 60,5% dan pertemuan II 65,95% dan rata-rata nilai kelas kontrol peda pertemuan I 60,5% danpertemuan II 68%. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai siswa kelas eksperimen sebesar 73,3 dan pada kelas kontrol 59 . Dari hasil analisis diperoleh t > ttabel yaitu 2.00 < 3.01 > 2.65, maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inside out side circle (IOC) berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa pada materi biologi di MTs jauharul iman senaung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Inside Out Side Circle (IOC), Penguasaan Konsep
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 15 Dec 2020 02:51
Last Modified: 15 Dec 2020 02:52
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6185

Actions (login required)

View Item View Item