STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI HAMBATAN PSIKOLOGIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TEMPULING KABUPATEN INDRA GIRI HILIR

Musa, M and El Widdah, Minnah and Yusuf, Mohd (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI HAMBATAN PSIKOLOGIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TEMPULING KABUPATEN INDRA GIRI HILIR. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TESIS M. MUSA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam mengatasi hambatan psikologis siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir, fokus penelitian ini adalah strategi guru pendidikan agama islam dalam mengatasi hambatan psikologis siswa, penelitian ini diadakan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif mengunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Hasil penelitian pada penelitian ini mengenai strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi hambatan psikologis siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir sudah terlaksana dengan baik, perlunya saja meningkatkan keterampilan dan kreativiatas guru dalam mengoptimalkan pemahaman keagamaan siswa. Dapat disimpulkan bahwa guru saat mengatasi hambatan psikologis siswa sudah terlaksana dengan baik, berdasarkan penelitian ini implikasi secara praktis digunakan sebagai bahan untuk membantu guru dalam mengatasi hambatan psikologis siswa sehingga guru dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: strategi guru, hambatan psikologis siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Doktoral > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 27 Nov 2020 11:57
Last Modified: 27 Nov 2020 11:57
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6184

Actions (login required)

View Item View Item