Pengaruh Strategi Assessment Search Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi Eksperimen di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Muaro Jambi)

Arif, M. and Usmar, Ali and Amrina Yusra, Della (2020) Pengaruh Strategi Assessment Search Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi Eksperimen di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Muaro Jambi). Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Strategi Assessment Search Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (studi eksperimen di madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Muaro Jambi))
Skripsi m.arif OK.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk: (a).Ingin mengetahui berapa besar skor hasil belajar matematika siswa kelas VII di Madrasah Tsanawaiyah Nurul Huda Muaro Jambi dengan menggunakan strategi pembelajaran Asessment Search (b). Ingin mengetahui berapa besar skor hasil belajar matematika siswa kelas VII di Madrasah Tsanawaiyah Nurul Huda Muaro Jambi yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Asessment Search, (c).Ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan strategi pembelajaran strategi pembelajaran Asessment Search. (d). Ingin mengetahui berapa besar skor hasil belajar matematika siswa kelas VII di Madrasah Tsanawaiyah Nurul Huda Muaro Jambi. (e). ingin mengetahui berapa besar skor pengaruh strategi pembelajaran strategi pembelajaran Asessment Search. (f). Ingin mengetahui berapa besar skor hasil belajar matematika siswa kelas VII di Madrasah Tsanawaiyah Nurul Huda Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian postest - only control desain, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik test. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang siswa dan siswa kelas VII.4 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang siswa. Data hasil penelitian diperoleh: (a). Skor hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Asessment Search pada materi Segi Empat diperoleh rata-rata 80,7 dan standar deviasi 11,95,(b). Skor hasil belajar matematika siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Asessment Search pada materi Segi Empat diperoleh rata-rata 68,83dan standar deviasi 15,24, (c). Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t diperoleh thitung= 3,34 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = dan taraf signifikansi 1% ttabel= dengan demikian( 3,34 (Sehingga Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh signifikan strategi pembelajaran strategi pembelajaran Asessment Search. (d). Berdasarkan perhitungan menggunakan Effect Size diperoleh d sebesar 0,9 dimana pada tabel cohen’s perentasenya adalah 82% sehingga memberikan pengaruh yang tinggi terhadap Hasil belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi pembelajaran assessment search, hasil belajar matematika siswa
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 27 Nov 2020 10:32
Last Modified: 27 Nov 2020 10:33
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6176

Actions (login required)

View Item View Item