Kepemimpinan kepala madrasah dalam menjalin kerjasama sekolah dan masyarakat terhadap peningkatan kualitas pendidikan di madrasah tsanawiyah nurul huda muaro jambi

Deni, Ramazani Janiar and Hakim, Lukman and Jannah, Siti Raudhatul (2020) Kepemimpinan kepala madrasah dalam menjalin kerjasama sekolah dan masyarakat terhadap peningkatan kualitas pendidikan di madrasah tsanawiyah nurul huda muaro jambi. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Kepemimpinan kepala madrasah dalam menjalin kerjasama sekolah dan masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan di madrasah tsanawiyah nurul huda muaro jambi)
RAMAZANI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan yang vital di dalam usaha memperoleh pengetahuan bagi kehidupan yang berkelanjutan. Sifatnya mutlak dalam kehidupan seseorang, keluarga, masyarakat maupun bangsa, negara. Untuk memperoleh pendidikan, pemerintah menjadi fasilitator di dalam penyelenggaraan program- program pendidikan, sebagai contohnya pemerintah mendirikan sekolah-sekolah dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Masyarakat luas dapat memperoleh pendidikan selain melalui penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang bersifat formal, juga bisa melalui penyelenggaraan pendidikan diluar sekolah yang bersifat nonformal. Pendidikan formal merupakan kumpulan satuan mata pelajaran yang telah digariskan oleh pemerintah dalam System Pendidikan Nasional. Sedangkan pendidikan nonformal berupa pengajaran, pelatihan, ilmu keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan berbagai bidang kehidupan. Kerjasama sekolah dan masyarakat itu sangat penting karena dengan melibatkan orang tua siswa, kantor pendidikan dan pemerintah, serta pengusaha setempat, sekolah memperoleh sumber tambahan baik dalam hal dukungan pendidikan maupun sumber-sumber keuangan tambahan untuk membangun sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala apa yang dihadapi di dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan untuk mengetahui hubungan kerjasama sekolah dan masyarakat serta bentuk kerjasama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk metode deskriptif analisis, dimana penulis mendeskripsikan keadaan yang terjadi di sekolah Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Muaro Jambi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kerjasama sekolah dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Muaro Jambi secara umum cukup baik dalam hal memelihara kelangsungan hidup sekolah, meningkatkan usaha dan kebijakan atau ketentuan sekolah baik yang menyangkut biaya pengelolaan sekolah maupun guna upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penggunaan fasilitas bersama dan diadakannya gotong royong, akan tetapi infrastuktur yang ada masih kurang seperti keadaan laboratorium, lab komputer, ruang kelas, ruang guru hingga lapangan masih belum cukup layak untuk digunakan. ini terbukti karena keterbatasan biaya yang ada dan tidak adanya donatur atau sumbangan dari masyarakat Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Muaro Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 27 Nov 2020 10:13
Last Modified: 27 Nov 2020 10:24
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6173

Actions (login required)

View Item View Item