تطبيق الطريقة اسبر واسأل واقرأ و أعدالصياغة و راجع لتحسين مهارة القراءة في تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الحكومية خمس جامبي

Bambang, Bambang and Rasidin, Rasidin and Mareta, Arma (2020) تطبيق الطريقة اسبر واسأل واقرأ و أعدالصياغة و راجع لتحسين مهارة القراءة في تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الحكومية خمس جامبي. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (تطبيق الطريقة اسبر واسأل واقرأ و أعدالصياغة و راجع لتحسين مهارة القراءة في تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الحكومية خمس جامبي)
skripsi revisi bambang watermark pdf.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa di MTsN 5 Jambi. Adapun yang dibahas dalam skripsi ini ialah: a). Berapa skor keterampilan membaca bahasa arab siswa yang menggunakan metode SQ3R di MTsN 5 Jambi, b).berapa skor keterampilan membaca bahasa arab siswa yang tidak menggunakan strategi SQ3R di MTsN 5 Jambi, c).apakah terdapat perbedaan skor Antara keterampilan membaca bahasa Arab siswa yang menggunkan metode SQ3R dan siswa yang tidak menggunakan metode SQ3R di MTsN 5 Kota Jambi, d). adakah pengaruh metode SQ3R terhadap keterampilan membaca bahasa Arab siswa di MTsN 5 Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif, jenis penelitian Eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu: Observasi, Tes (Soal) dan Dokumentasi. Metode Analisis Data yang dilakukan dengan Uji Prasyarat Uji Normalitas (uji lilifors), Uji Homogenitas dan Uji Pengaruh (Uji T/T test). Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen berjumlah 15 orang siswa Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh Skor keterampilan membaca bahasa Arab siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode SQ3R Kemahiran membaca pada pembelajaran bahasa Arab pada peserta didik kelas VIII MTsN 5 Kota Jambi tanpa penerapan metode SQ3R yaitu diperoleh nilai rata-rata hasil tes Kemahiran membaca sebesar sebesar 52,67 dengan standar deviasi 9,612. Kemahiran membaca pada pembelajaran bahasa Arab pada peserta didik kelas VIII MTsN 5 Kota Jambi dengan penerapan metode SQ3R yaitu diperoleh nilai rata-rata hasil tes Kemahiran membaca sebesar 64,00 dengan standar deviasi 12,984. Artinya metode SQ3R cukup efektif digunakan. Dari lima tahap metode SQ3R yang cenderung membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran adalah tahap Survey, dan tahap Read, dimana peserta didik mampu mengidentifikasi ide pokok teks bacaan dengan mudah dan menemukan fakta dalam teks bacaan serta pada tahap Recitet peserta didik mampu mengingat kembali pembelajaran dengan jangka waktu yang lama. Dan tahap membuat peserta didik pasif dalam pembelajaran adalah tahap Question dan pada tahap Review. Terdapat perbedaan penerapan metode SQ3R terhadap Kemahiran membaca dalam pembelajaran bahasa Arab pada peserta didik kelas VIII MTsN 5 Kota Jambi yaitu diperoleh harga t = -5,906, df =14 dan sig. (2 tailed) atau p-value = 0,000 < 0,05, artinya nilai signifikansi lebih kecil dari taraf kesalahan atau H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penerapan metode SQ3R terhadap kemahiran memabaca dalam pembelajaran Bahasa Arab pada peserta didik kelas VIII MTsN 5 Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode SQ3R, Keterampilan Membaca Bahasa Arab
Subjects: 000 Karya Umum
400 Bahasa > 492 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 28 May 2021 03:47
Last Modified: 28 May 2021 03:48
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6167

Actions (login required)

View Item View Item