STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 KOTA JAMBI

Muhamad Yusuf, MPA.1822982 and El Widdah, Minnah and Khairunas, Khairunas (2020) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 KOTA JAMBI. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
Tesis Muhamad Yusuf.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi guru dalam pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Kota Jambi.. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah mengapa strategi guru dalam pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Kota Jambi belum optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi keterpercayaan hasil penelitian diperoleh dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi data dan konsultasi pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Kota Jambi belum tercapai. Meskipun guru melaksanakan pembelajaran secara kreatif, namun tetap belum bisa memberikan stimuli kepada siswa seperti mendorong siswa giat belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Kota Jambi karena belum memperhatikan psikologi dan kebutuhan belajar siswa Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Discovery Learning, Kreativitas Belajar

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: strategi , pembelajran , discovery
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2020 09:45
Last Modified: 27 Nov 2020 09:46
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6166

Actions (login required)

View Item View Item