STRATEGI GURU MENGAJI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‟AN ANAK DI DESA SUKA DAMAI KECAMATAN TUNGKAL JAYA MUSI BANYUASIN SUMATERA SELATAN

ERNITA, GITA and Anwar, Kasful and Hasanah, Dewi (2020) STRATEGI GURU MENGAJI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‟AN ANAK DI DESA SUKA DAMAI KECAMATAN TUNGKAL JAYA MUSI BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (STRATEGI GURU MENGAJI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‟AN ANAK DI DESA SUKA DAMAI KECAMATAN TUNGKAL JAYA MUSI BANYUASIN SUMATERA SELATAN)
real skripsi pdf waterpak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan penerapan strategi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an anak di desa Suka Damai. (2) mendeskripsikan kualitas membaca Al-Qur‘an anak di desa Suka Damai. (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an anak di desa Suka Damai. Pendekatan yang digunakan adalah jenis pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan interview. Tehnik analisisnya menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data-data yang telah didapat sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an anak di desa Suka Damai dapat di kategorikan baik, hal itu di buktikan dengan meningkatnya kemampuan anak dalam membaca al-Qur`an dengan baik dan benar. Sedangkan faktor pendukung di antaranya kualitas dan semangat guru/ustad dalam mengajar, keaktifan santri dalam belajar, metode pembelajaran yang diterapkan, alokasi waktu yang xiii digunakan, dan lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kemajuan tehnologi, kurangnya sarana dan prasarana, dan kurangnya tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: strategi pembelajaran, anak, al-qur‟an
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 27 Nov 2020 07:42
Last Modified: 27 Nov 2020 07:43
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6141

Actions (login required)

View Item View Item