PENGARUH SHARIAH RELATIONSHIP MARKETING DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG JAMBI

Harleni, Melly and Sissah, Sissah and Prayogo, Youdhi (2018) PENGARUH SHARIAH RELATIONSHIP MARKETING DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SES141203_Melly Harleni_Ekonomi Syariah - BK - ANA DWI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis pengaruh Shariah Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi . 2) Menganalisis pengaruh kepuasan nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi 3) Menganalisis pengaruh Shariah Relationship Marketing dan kepuasan nasabah secara bersama-sama terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi. Jenis dan sumber datayang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh melalui hasil kuesioner yang disebarkan kepada responden, yang menjadi sampel atau responden dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah mandiri Cabang Jambi. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi yang berjumlah 1781 orang. Berdasarkan hipotesis dan tujuan penelitian yang ingin dicapai, maka digunakan metode analisis statistik dengan pendekatan analisis regresi berganda. Adapun yang menjadi variabel bebas (independent) dalam penelitian ini adalah Shariah Relationship Marketing dan kepuasan nasabah, sementara yang menjadi variabel terikat (dependent) adalah loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi. Di samping itu untuk menguji keabsahan kuisioner digunakan uji validitas dan realibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Nilai konstanta sebesar 2,076 yang berarti bahwa meskipun Shariah Relationship Marketing dan kepuasan nasabah tidak mengalami perubahan atau sama dengan nol maka loyalitas nasabah akan tetap meningkat sebesar 2,076 point. 2) Setiap terjadi kenaikan Shariah Relationship Marketing sebesar 1 point maka loyalitas nasabah akan mengalami peningkatan sebesar 0,252. Koefisien regresi variabel kepuasan nasabah adalah sebesar 0,249. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan variabel kepuasan nasabah secara positif akan mendorong peningkatan loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri sebesar 0,249. 3) Pengaruh variabel Shariah Relationship Marketing dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi adalah 21 persen, sementara sisanya sebesar 795% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar ke dua variabel independen yang diteliti (Shariah Relationship Marketing dan kepuasan nasabah ).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Shariah Relationship Marketing, Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:27
Last Modified: 08 Jan 2020 02:27
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item