KREATIVITAS GURU PAI MEMILIH METODE PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AGAMA ISLAM SISWA SMP N 30 MUARO JAMBI DI KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI

ANGGRAINI, RANI and Hilmi, Hilmi and Surayya, Elly (2020) KREATIVITAS GURU PAI MEMILIH METODE PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AGAMA ISLAM SISWA SMP N 30 MUARO JAMBI DI KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (KREATIVITAS GURU PAI MEMILIH METODE PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AGAMA ISLAM SISWA SMP N 30 MUARO JAMBI DI KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI)
RANI ANGGRAINI SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kreativitas guru PAI memilih metode pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana kreativitas guru PAI memilih metode pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar agama serta mengetahui metode apa yang digunakan guru PAI dan faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam meningkatkan minat belajar agama di sekolah menengah pertama negeri 30 muaro jambi. Penelitian ini difokuskan pada kreativitas guru PAI memilih metode pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar agama. Penulis dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Banyak hal yang dilakukan oleh peneliti dilapangan untuk mengumpulkan data mulai dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Muaro Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwaPertama, memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi. Kedua, menggunakan strategi pembelajaran langsung. Ketiga, upaya meningkatkan minat belajar siswa guru tidak hanya menekankan pada keaktifan guru saja melainkan melibatkan keaktifan siswa agar proses pembelajaran tidak monoton dan membosankan. Keempat, menggunakan metode yang bervariasi. Kelima, memilih metode pembelajaran perlu dipertimbangkan . Keenam, menggunakan alat bantu/media pembelajaran. Ketujuh, manajemen kelas/pengelolaan kelas yang menyenangkan. Kreativitas Guru PAI pada Metode Pembelajaran Agama Islam di SMP Negeri 30 Muaro Jambi yakni dengan menggabungkan dan mengkolaborasikan metode satu dengan metode yang lainnya dalam pembelajaran,faktor penghambatnya antara lain: kurangnya sumber dan media belajar milik sekolah yang dapat dimanfaatkan oleh guru Kelas I, masih sulitnya mengatur siswa Kelas I ketika sedang belajar dikarenakan usia mereka yang masih kecil dan masih suka bermain-main ketika belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kreativitas Guru, Metode Pembelajaran, Minat Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 27 Nov 2020 06:38
Last Modified: 27 Nov 2020 06:39
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6114

Actions (login required)

View Item View Item