KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI SEGI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 MUARO JAMBI

Zurmi Hidayah, Nupita and Murtadlo MS, Ali and Kukuh, M. (2020) KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI SEGI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI SEGI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 MUARO JAMBI)
TM.161342_NUPITA ZURMI HIDAYAH.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar matematika yang dialami siswa ditinjau dari segi kemampuan koneksi matematika pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi. Untuk mengetahui penyebab siswa mengalami kesulitan belajar pada materi pokok Geometri ditinjau dari segi kemampuan koneksi matematika pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi. Menelusuri upaya yang dapat dilakukan oleh guru dan siswa untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dari segi kemampuan koneksi matematika pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi. Kesulitan belajar adalah suatu keadaan di mana peserta didik mampu memahami pelajaran sebagaimana mestinya alasan tertentu. Koneksi matematika merupakan kemampuan peserta didik dalam mengaitkan matematika secara internal (antar konsep matematika) dan eksternal (antara matematika dengan bidang lain baik bidang keilmuan lain maupun dengan kehidupan sehari-hari). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan belajar atematika yang dialami oleh peserta didik ditinjau dari segi kemampuan koneksi matematika di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi. Penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Subjek penelitian dipilih secara acak sebanyak 40 peserta didik dari dua kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi. Dua kelas tersebut dipilih secara acak yaitu kelas-A dan kelas-B. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes dan wawancara. Teknik analisi data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pengelolahan data, setiap peserta didik mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalan mengkoneksikan hubungan dalam matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
100 Filsafat dan Psikologi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:10
Last Modified: 27 Nov 2020 03:12
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6054

Actions (login required)

View Item View Item