PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 9 MUARO JAMBI

Wandika, Wandika and Tanti, Tanti and Hartoyo, Zainal (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 9 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 9 MUARO JAMBI)
TF_151115_WANDIKA.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimibng Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan desain One Grup Pretest￾Posttes tekniknya diberikan pre-test sebelum diberi perlakuan, dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok subjek penelitian yaitu kelas X TBSM 1 kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan memberikan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Nilai dari uji n-gain, yaitu 0.58 berarti model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki pengaruh sangat tinggi terhadap pemahaman konsep siswa, untuk nilai t-test thitung> ttabel (34,0 > 2,045) pada taraf signifikan 5% Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 MuaroJambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:40
Last Modified: 27 Nov 2020 02:41
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6052

Actions (login required)

View Item View Item