PELAKSANAAN REMEDIAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA SA'ADATUDDINIYAH SAROLANGUN

Fitria, Rika and Murtadlo, Ali and Meslita, Rima (2020) PELAKSANAAN REMEDIAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA SA'ADATUDDINIYAH SAROLANGUN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pelaksanaan remedial teaching untuk meningkatkan ketuntasan pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika di madrasah tsanawiyah swasta sa'adatuddiniyah sarolangun)
RIKA FITRIA TM.161354.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pelaksanaan Remedial Teaching Untuk Meningkatkan Ketuntasan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Tsanawiyah Swasta Sa’adatuddiniyah Sarolangun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menemukan bahwa Pelaksanaan remedial teaching Untuk Meningkatkan Ketuntasan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Tsanawiyah Swasta Sa’adatuddiniyah Sarolangun ada beberapa langkah yang dialami oleh guru dan siswa yaitu: 1) perencanaan remedial teaching untuk meningkatkan ketuntasan pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika yaitu a) Mengoreksi hasil lembar jawaban ujian tengah semester (UTS) siswa b). Merekapitulasikan nilai siswa c) Cara guru melakukan remedial d). Penyebab siswa mengikuti remedial 2) pelaksanaan remedial teaching untuk meningkatkan ketuntasan pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika yaitu a) Menentukan jadwal pelaksanaan remedial b). Siswa berada di kelas pada saat remedial c). Hambatan pada saat remedial. 3) upaya yang dilakukan guru matematika dalam mengevaluasi pelaksanaan remedial teaching untuk meningkatkan ketuntasan pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika yaitu a). Mengoreksi hasil lembar jawaban remedial b). Peningkatan nilai siswa setelah remedial c). Tindak lanjut yang dilakukan guru. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai siswa pada saat Remedial Teaching mengalami peningkatan yang sangat baik dan Remedial Teaching ini sangat baik diterapkan di sekolah karena membantu meningkatkan ketuntasan pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci : remedial teaching, pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Remedial teaching, pemahaman konsep
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:16
Last Modified: 27 Nov 2020 02:17
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6043

Actions (login required)

View Item View Item