Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kabupaten Tebo

Afrilia, Sherly and Sunarto, Sunarto and Wulanda, Mastarita Nova (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kabupaten Tebo. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kabupaten Tebo)
Sherly Afrilia, TM.161368.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kabupaten tebo pada pokok bahasan Aritmetika Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti apakah benar penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan sampel berjumlah 12 siswa di kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 12 siswa di kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Teknik tes essay berjumlah 6 soal. Analisis pada penelitian ini menggunakan ujit_test dan uji korelasi Effect Size. Dari uji t_test pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh 1,72<2,95>2,51, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Direct Instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dan dari hasil uji korelasi Effect Size pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh 0,388<1,2095>0,496, artinya bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Matematika, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 26 Nov 2020 08:50
Last Modified: 26 Nov 2020 08:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6014

Actions (login required)

View Item View Item