Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi

Kamila, Asi and Idarianty, Idarianty and Walid, Abul (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi)
Asi Kamila, TM.161274.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Model PembelajaranProblem Solving terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi pada pokok bahasan Bangun Datar (persegi, persegi panjang dan jajar genjang). Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti apakah benar model pembelajaran Problem Solving mampu meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling dengan sampel berjumlah 12 siswa di kelas VII sebagai kelas eksperimen dan 12 siswa di kelas VII sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Teknik tes essay berjumlah 6 soal. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji t_test dan uji korelasi Phi. Dari uji t_test pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh 1,717<4,69> 2,508, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dengan model pembelajaran Direct Instruction terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Dan dari hasil uji korelasi Phi taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh 0,404<0,58>0,515, artinya bahwa model pembelajaran Problem Solving berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Problem Solving Matematika, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 26 Nov 2020 08:51
Last Modified: 26 Nov 2020 08:53
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6012

Actions (login required)

View Item View Item