ANALISIS PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN ZAKAT, TINGKAT PENDAPATAN DAN TINGKAT KEPERCAYAAN KEPADA BAZNAS TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT PROFESI PARA MUZAKKI (STUDI DOSEN DAN KARYAWAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI)

Siregar, Digo Armando and Abdi, Fathuddin and Anita, Efni (2018) ANALISIS PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN ZAKAT, TINGKAT PENDAPATAN DAN TINGKAT KEPERCAYAAN KEPADA BAZNAS TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT PROFESI PARA MUZAKKI (STUDI DOSEN DAN KARYAWAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI). Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SES141275_DIGO ARMANDO S_EKONOMI SYARIAH - susan new.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Tingkat Pengetahuan Zakat, Tingkat Pendapatan, Tingkat Kepercayaan secara simultan terhadap Minat Membayar Zakat Profesi dan Tingkat Pengetahuan Zakat, Tingkat Pendapatan, Tingkat Kepercayaan secara parsial terhadap Minat Membayar Zakat Profesi. Adapun jenis penelitian ini adalah kuantitatif-deskriptif. Penelitian ini di lakukan di UIN STS Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Dosen dan Karyawan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang berjumlah 685 orang. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 87 orang Dosen dan Karyawan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Tingkat Pengetahuan Zakat, Tingkat Pendapatan, dan Tingkat Kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap Minat Membayar Zakat Profesi dengan nilai F hitung sebesar 19,316 > F tabel 2,70 dengan taraf signifikansi 0,000 (Sig < 0,05). Berdasarkan hasil pengujian parsial (uji t) antara variabel Tingkat Pengetahuan Zakat, Tingkat Pendapatan dan Tingkat Kepercayaan terhadap Minat Membayar Zakat Profesi berpengaruh secara simultan dengan nilai t hitung untuk variabel Tingkat Pengetahuan Zakat adalah sebesar 7,602, Tingkat Pendapatan sebesar 5,256 dan Tingkat Kepercayaan sebesar 4,664 dan dari ketiga variabel tersebut memiliki nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel (1,984) dengan tingkat signifikan masingmasing variabel dibawah 0,05. Dengan demikian berarti ketiga variabel tersebut memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Membayar Zakat. Diantara variabel Tingkat Pengetahuan Zakat, Tingkat Pendapatan dan Tingkat Kepercayaan yang secara parsial memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap variabel Minat Membayar Zakat adalah adalah variabel Pengetahuan Zakat. Hal ini dikarenakan dari hasil t hitung 7,602 > t tabel 1,984 dengan tingkat signifikan 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Tingkat Pengetahuan Zakat, Tingkat Pendapatan, Tingkat Kepercayaan dan Minat Membayar Zakat Profesi
Subjects: 2x4 Fiqih
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:22
Last Modified: 07 Jan 2020 02:22
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item View Item