APLIKASI DAN EVALUASI KEBIJAKAN:(ANALISIS KEBIJAKAN WALIKOTA JAMBI TENTANG PENGHAPUSAN PUNGUTAN SEKOLAH DARI MASYARAKAT)

Rusmini, (2018) APLIKASI DAN EVALUASI KEBIJAKAN:(ANALISIS KEBIJAKAN WALIKOTA JAMBI TENTANG PENGHAPUSAN PUNGUTAN SEKOLAH DARI MASYARAKAT). In: The 1st Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM), 24-26 April 2018, Yogyakarta.

[img] Text
12. Aplikasi dan Evaluasi Kebijakan (PPMPI).pdf

Download (574kB)

Abstract

Evaluasi merupakan tahapan penting dalam setiap kegiatan, karena tanpa evaluasi akan menyebabkan analis tidak pernah mengetahui apakah kegiatan yang dilakukan mencapai sasaran atau tidak. Evaluasi perlu dilakukan karena bagaimanapun baiknya program, konsekuensinya baru dapat diketahui apabila program tersebut telah dilaksanakan. Evaluasi kebijakan diperlukan untuk menghasilkan informasi mengenai kinerja kebijakan. Evaluasi kebijakan merupakan kegiatan untuk menilai atau melihat keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan suatu kebijakan publik. Evaluasi merupakan kegiatan pemberian nilai atas sesuatu “fenomena”, di dalamnya terkandung pertimbangan nilai tertentu. Apabila konteksnya kebijakan publik, maka fenomena yang dinilai adalah tujuan, sasaran kebijakan, kelompok sasaran yang ingin dipengaruhi, berbagai instrumen kebijakan yang digunakan, respon dari lingkungan kebijakan, kinerja yang dicapai, dampak yang tercapai, dan sebagainya. Sebuah kebijakan publik tidak bisa dilepas begitu saja. Kebijakan harus diawasi, dan salah satu mekanisme pengawasan tersebut disebut sebagai “evaluasi kebijakan”.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Kebijakan, Evaluasi Kebijakan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik
2x6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 28 Mar 2019 06:12
Last Modified: 28 Mar 2019 06:12
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item View Item