PENGARUH SEKTOR PERDAGANGAN BESAR DAN ECERAN REPARASI MOBIL DAN SEPEDA MOTOR, DAN JASA JASA TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO KOTA JAMBI

Sipitri, Ela Kadasih and Ferawati, Rofiqoh and Prayogo, Youdhi (2018) PENGARUH SEKTOR PERDAGANGAN BESAR DAN ECERAN REPARASI MOBIL DAN SEPEDA MOTOR, DAN JASA JASA TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
Ses141289_Elakadasihsipitri_ES - ela kadesi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dan prosesnya yang berkelanjutan merupakan kondisi utama bagi kelangsungan pembangunan ekonomi daerah. Karena jumlah penduduk terus bertambah dan berarti kebutuhan ekonomi terus bertambah, sehingga dibutukan penambahan pendapatan setiap tahun. Hal ini dapat diperoleh dengan peningkatan output agregat ( barang dan jasa) atau produk domestik regional bruto ( PDRB) setiap tahun. Untuk melaksanakkan pembangunan dengan sumber daya yang terbatas sebagai konsekuensinya harus difokuskan kepada pembangunan sektor-sektor yang memberikan dampak pengganda ( multiplier effect ) yang besar terhadap sektor-sektor lainnya atau perekonomian secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sektor, perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor dan sektor jasa- jasa terhadap pertumbuhan PDRB di kota jambi sebagai bahan informasi dan pertimbangan dalam perencanaan pembangunan ekonomi. Penelitian ini menggunakan data skunder berupa runtutan waktu ( time series) dari produk domestik regional bruto (PDRB) Kota Jambi 2010-2016. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu model analisis regresi linier berganda dengan metode ordinary least square (OLS) yang meliputi pengujian serempak (uji –f), pengujian individu ( uji-t) dan pengujian ketepatan perkiraan ( R 2 )dan uji asumsi klasik; multikolinieritas, heteroskedestisitas dan autokorelasi. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode ordinary least squere (OLS). Variable , perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor dan sektor jasa- jasa berpengaruh positif terhadap PDRB Kota Jambi. Secara teori apabila ,sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor dan sektor jasa- jasa meningkat maka akan mendorong keinginan para pelaku konsumen untuk menggunakan suatu barang atau jasa- jasa yang otomatis akan meningkatkan PDRB Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Sektor Perdagangan Besar Dan Eceran, Reparasi Mobil Dan Sepeda Motor, Sek
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:14
Last Modified: 07 Jan 2020 02:14
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item