Upaya Guru Dalam Meningkatkan Aktifitas Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Masa Pandemi Covid I9 Kelas V Sekolah Dasar Negri 44/X Rantau Rasau

Zakiyah Aprilia Rezky, TPG16188 and Mahluddin, Mahluddin and Azim, Fauzan (2020) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Aktifitas Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Masa Pandemi Covid I9 Kelas V Sekolah Dasar Negri 44/X Rantau Rasau. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Upaya Guru Dalam Meningkatkan Aktifitas Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Masa Pandemi Covid I9 Kelas V Sekolah Dasar Negri 44/X Rantau Rasau)
skripsi kya uin baruuu.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Aktifitas belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Masa Pandemi Covid-19 Kelas V Sekolah Dasar Negri 44/X Rantau-Rasau. peneliti akan memfokuskan penelitiannya pada: 1). upaya guru dalam meningkatkan aktifitas belajar pada pembelajran tematik dimasa pandemi covid-19 siswa kelas V 2). Upaya guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam aktifitas belajar pada pembelajaran tematik dimasa pandemi covid-19 siswa kelas V 3). Faktor pendukung guru dalam meningkatkan aktifitas belajar pada pembelajaran tematik dimasa pandemi covid-19 siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian:kepala sekolah, guru kelas V, siswa kelas V, Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti adalah sebagai berikut : 1). upaya guru dalam meningkatkan pembalajran tematik di masa pandemi covid -19 di sekolah dasar negri 44/x rantau-rasau adalah dengan cara mengajar seorang guru, ketika seorang pengajar kreatif dalam mengajar dan menjelaskan pembelajaran kepada siswa/i nya tentu saja siswa tersebut tidak merasa bosan atau jenuh dalam mengikuti pembelajran itu tentu saja disini juga guru dituntut untuk merancang rpp dan media pembelajaran tematik yang membuat siswa/i berperan aktif didalam pembelajarannya. 2) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan aktifitas belajar tematik di masa pandemi covid-19 ini di sekolah dasar negri 44/x rantau-rasau adalah pengaruh teman yang ribut saat pembelajaran, dan waktu belajar, interaksi dan pendekatan guru yang biasanya tidak dibatasi karena masa pandemi covid-19 ini siswa jadi dibatasi semua kegiatan belajar dalam pembelajaran tematik dan pembelajaran lainya.3). Faktor pendukung yang membantu guru dalam meningkatkan pembelajaran tematik dalam masa pandemi covid-19 di sekolah dasar negri 44/x rantau-rasau adalah guru menyiapkan pembelajaran yang kreatif dimulai dari persiapan rpp, metode belajar, dan media yang bervariasi suapaya kegaiatan belajar mengajar lebih efektif dan efesien serta sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diajarkan. Kata Kunci : aktifitas belajar, Pembelajaran tematik, masa pandemi covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: aktifitas belajar, Pembelajaran tematik, masa pandemi covid-19
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:49
Last Modified: 26 Nov 2020 03:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5965

Actions (login required)

View Item View Item