PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 29 KECAMATAN JANGKAT TIMUR KABUPATEN MERANGIN

ARVIA, ANDIKA RUDI and Constantin, Constantin and Muhammad, Habib (2020) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 29 KECAMATAN JANGKAT TIMUR KABUPATEN MERANGIN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SKRIPSI ANDIKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini memiliki latar belakang bahwa, terlihat bahwa Pertama, adanya perilaku menyimpang seperti adanya siswa merokok. Kedua kurangnya disiplin. Ketiga kurangnya pengawasan guru. Yang pada dasarnya siswa ini kurang motivasi belajar Tujuan penelitian ini adalah ingin untuk mengetahui bagaimana Peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa , untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: guru Pendidikan Agama Islam, data skunder yaitu: siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama negeri 29 Merangin, yaitu ada dengan cara pemberian nasihat, kemudian menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif, memberi hadiah, memberi nilai, keteladanan, kemudian diajarkan melakukan komunikasi yang baik. Permasalahan yang dihadapi guru dalam meningkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam disekolah menengah pertama negeri 29 Merangin, yaitu Kurangnya minat dan kesadaran siswa, lingkungan, dan anak yang malas. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembeljaran pendidikan agama Islam disekolah menengah pertama negeri 29 Merangin yaitu: memberikan nasihat disiplin waktu, memberi hadiah kepada siswa yang berprestasi, menciftakan Susana kelas belajar yang kondusif dan nyaman dan memberikan motivasi dan hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peran guru, pendidikan agama Islam, motivasi belajar siswa
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:37
Last Modified: 26 Nov 2020 06:38
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5958

Actions (login required)

View Item View Item