KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI

Khodori, Ahmad and Armida, Armida and Mukhlis, Mukhlis (2020) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (kompetensi pedagogik guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di madrasah aliyah negeri 2 kota jambi)
Ahmad Khodori 1.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh pertama bahwa kurangnya perhatian guru dalam memperhatikan siswa dalam belajar, terlihat bahwa dari beberapa kelebihan yang dimiliki guru tersebut, ternyata ada salah satu kompetensi yang kurang dikuasai oleh guru tersebut yaitu tentang kompetensi pedagogik yang menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, ingin mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan mengetahui solusi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalam metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch) . Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: guru akidah akhlak, data skunder yaitu: siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara, data yang telah dikumpulakan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi, yaitu mengenai profesional guru dalam pengajaran serta pengaruhnya terhadap proses pembelajara akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi, kendala guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi adalah tingkat emosional siswa yang berubah, kurangnya kesadaran bagi siswa, kurngnya sumber belajar, penyalah gunaan gadget, solusi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi menciptakan pembelajaran lebih menarik, melakukan kerja sama antara guru dan kepala sekolah, meningkatkan kemampuan mengajar guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:24
Last Modified: 26 Nov 2020 06:24
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5957

Actions (login required)

View Item View Item