KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KUALA TUNGKAL

Suryan, Suryan and Yusuf, Muhammad and Hayat, Najmul (2020) KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KUALA TUNGKAL. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Kompetensi Pwdagogik Guru Pendidikan Agama Isalm dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Kuala Tungkal)
MPA. 182937 Kompetensi paedagogik Guru.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui Bagaimana Kompetensi Paedagogik Guru Agama, Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam, dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Kuala Tungkal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan peneliti dan triangulasi sumber data. Tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penulisanlaporan. Hasil penelitian ini penyimpulkan bahwa: 1) Ada 6 aspek dalam kompetensi pedagogik yang harus dipenuhi seorang guru pendidikan Agama Islam, dan 6 aspek tersebut sudah diterapkan dengan baik oleh guru SMP N 1 Kuala Tungkal 2) guru pendidikan agama islam selalu memberikan motivasi kepada siswa ketika belajar, hanya saja masih belum maksimal sehingga masih di temui siswa yang tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan materi yang disampaikan, dan siswa yang main-main sendiri dan mengganggu temannya yang sedang konsentrasi belajar, sehingga mengakibatkan suasana pembelajaran menjadi ribut. 3) Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu, Kurangnya minat siswa terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam, Pengaruh dari teman sebaya, Kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua, dan Kurangnya jam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Beberapa tindakan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan memberi nasehat kepada siswa, Memberikan himbauan kepada orang tua siswa, Penambahan kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Memberikan pujian bagi siswa yang aktif dan memberikan hukuman untuk siswa yang tidak membuat tugas.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Pendidikan Agama, Motivasi.Kompetensi Pedagogik, Guru Pendidikan Agama, Motivasi.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 26 Nov 2020 02:14
Last Modified: 26 Nov 2020 02:15
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item View Item