UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ISLAM BAYUNG LENCIR SUMATERA SELATAN.

Safitri, Titi and Iskandar, Iskandar and Ridwan, Ridwan (2020) UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ISLAM BAYUNG LENCIR SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ISLAM BAYUNG LENCIR SUMATERA SELATAN.)
TP.161617 Judul-Lampiran FullText..pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Bayung Lencir Sumatera Selatan yang berfokus pada siswa kelas VIIB. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui upaya guru aqidah akahlak dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, untuk mengetahui kendala, dan apa solusi guru aqidah akhlak dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan kedisiplinan siswa Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Bayung Lencir Sumatera Selatan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif, artinya penulis akan coba mendeskripsikan metode pengumpuan data berasal dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penerikan kesimpulan. Peneliti menemukan bahwasanya upaya yang dilakukan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan sebagai berikut: Melakukan absen diawal waktu masuk kelas, Pemberian contoh disiplin, Memberikan pemahaman tentang konsekuensi dari perilaku yang dilakukan siswa atau memberikan hukuman. Kendala guru aqidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan sebagai berikut: keadaan indivudal peserta didik, perbedaan karakter peserta didik, masih brsifat kanak-kanak, kurang komunikasi, jumlah murid banyak. Solusi guru aqidah akhlak mengatasi kendala dalam meningkatkan kedisiplinan sebagai berikut: memberi pemahaman individual peserta didik, memahami perbedaan karakter, membina komunikasi yang baik. Hasil dari penelitian ini bahwasanya upaya meningkatan kedisiplinan siswa Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Bayung Lencir Sumatera Selatan agar siswa lebih bisa mentaati pearaturan yang telah diberlakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Aqidah Akhlak, Kedisiplinan Siswa, Guru.
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:08
Last Modified: 26 Nov 2020 06:09
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5951

Actions (login required)

View Item View Item