PENERAPAN METODE BERMAIN BOWLING ARITMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BERHITUNG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KB AL-HIJRAH

Sari, Nofita and Muhsinin, Umil and Maspika, Sandi (2020) PENERAPAN METODE BERMAIN BOWLING ARITMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BERHITUNG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KB AL-HIJRAH. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN METODE BERMAIN BOWLING ARITMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BERHITUNG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KB AL-HIJRAH)
Skripis Watermark.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan Berhitung Pendidikan Anak Usia Dini Al-Hijrah Seorang pendidik hendaknya semaksimal mungkin berusaha mengembangkan kualitas pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang mejadi tanggung jawabnya. Di antaranya dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menarik untuk perkembangan penelitian di bidang belajar mengajar. Sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi ditemukan berbagai macam metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mngembangkan kemampuan peserta didik, salah satunya yaitu metode bermain bowling aritmatika. Dalam penelitian ini, metode bermain bowling aritmatika digunakan untuk mengembangkan kemampuan berhitung peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode bermain bowling aritmatika dapat meningkatkan perkembangan berhitung anak di Kelompok Bermain Al-Hijrah Kabupaten Muaro Jambi. Adapun alat pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Dari kegiatan dua siklus tersebut peneliti mendapatkan hasil yang sangat signifikan, yaitu pada siklus I mengunakan metode bermain bowling aritmatika menjadi 7 orang atau 54% dengan kategori mulai berkembang, 5 orang atau 38% dengan kategori berkembang sesuai harapan, dan 1 orang atau 8% dengan kategori berkembang sangat baik. Selanjutnya pada siklus II yang dilakukan dengan metode bermain bowling aritmatika skor meningkat dengan signifikan. Pada siklus II terdapat 1 orang atau 7% dengan kategori mulai berkembang, 2 orang atau 16% dengan kategori berkembang sesuai harapan, dan 10 orang atau 77% dengan kategori berkembang sangat baik. Pada siklus II, anak sangat antusias dengan guru dan peneliti yang membawakan metode bermain bowling aritmatika untuk menarik perhatian anak agar mudah memahami konsep berhitung. Oleh karena itu, guru perlu guru menyiapkan metode yang menarik sehingga dapat menarik minat anak agar anak tertarik untuk mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Bowling Aritmatika, Berhitung
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 25 Nov 2020 07:35
Last Modified: 25 Nov 2020 07:36
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5929

Actions (login required)

View Item View Item