ANALISIS PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN LABA BERSIH TERHADAP DEVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN SUBSECTOR TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

Isnaini, Fajar (2018) ANALISIS PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN LABA BERSIH TERHADAP DEVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN SUBSECTOR TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII). Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SES141304_Fajar Isnaini_Ekonomi Syariah - Adi Sasmito.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kebanyakan perusahaan menganggap bahwa laba bersih dalam laporan keuangan laba rugi sebagai indikator utama dari pemberian dividen kas. Namun, terkadang perusahaan dengan laba yang besar tidak mencerminkan jumlah kas atau likuiditas perusahaan. Hal ini menyebabkan perlu adanya informasi lebih lanjut mengenai keadaan likuditas perusahaan lewat informasi laporan keuangan arus kas operasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah arus kas operasi dan laba bersih berpengaruh terhadap dividen kas baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan subsektor Telekomunikasi Indonesia yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Periode data yang diambil adalah tahun 2007-2016. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 2 perusahaan subsektor Telekomunikasi Indonesia yang diambil dalam www.Idx.com. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang di download dari situs Bursa Efek Indonesia. Variabel independen yang digunakan adalah arus kas operasi dan laba bersih dan untuk variabel dependen adalah dividen kas. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode analisis regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa arus kas operasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap deviden kas sebesar 0.025 laba bersih berpengaruh positif dan signifikan terhadap deviden kas sebesar 0,000 dan variaber keduanya secara simultan berpengaruh positif terhadap dividen kas sebesar 0.921.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Arus kas operasi, Laba bersih, Dividen kas
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 07 Jan 2020 01:51
Last Modified: 07 Jan 2020 01:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item