PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM PEMBELAJARAN FIQH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL MUHAJIRIN KOTA JAMBI

ZILITA, ZILITA and Shalahudin, Shalahudin and Jalal, Muhaiminah (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM PEMBELAJARAN FIQH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL MUHAJIRIN KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Metode Pembelajaran Examples non Examples dalam pembelajaran fiqh untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah ibtidaiyah al muhajirin kota jambi)
TPG162677 Penerapan Metode Pembelajaran Examples non Examples dalam pembelajaran fiqh untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah ibtidaiyah al muhajirin kota jambi.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran examples non examples pembelajaran fiqih dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah total sampling, kelas sampling (kelompok) secara keseluruhan siswa kelas II dan di gunakan sebagai kelas perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penerapan metode pembelajaran examples non examples dikategorikan sangat baik. Hal ini dilihat skor hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Berdasarkan skor hasil belajar yang peroleh siswa dari siklus I nilai rata - rata 67 atau 11 siswa tuntas belajar, siklus II nilai rata-rata 69 atau 13 siswa tuntas belajar, siklus nilai rata- rata 72 atau 17 siswa tuntas belajar. Jadi dapat di simpulkan bahwa peningkatan hasil belajar setelah penerapan metode pembelajaran examples non examples yang yang terjadi dari siklus I sampai dengan siklus III adalah Sebesar 10% yang artinya melalui penerapan metode pembelajaran examples non examples mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: metode pembelajaran examples non examples dan hasil belajar.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:15
Last Modified: 27 Aug 2021 03:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5912

Actions (login required)

View Item View Item