PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR ANGSO DUO BARU KOTA JAMBI

Raudhatun Ulya, EES160556 and Yusuf, Maulana and Kurniawan, Bambang (2020) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR ANGSO DUO BARU KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR ANGSO DUO BARU KOTA JAMBI)
SKRIPSI RAUDHATUN ULYA S.E.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemahaman pedagang sembako Pasar Angso Duo Baru Kota Jambi mengenai etika bisnis Islam dan penerapan etika bisnis Islam pada pedagang sembako di Pasar Angso Duo Baru Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan pemahaman pedagang sembako di Pasar Angso Duo Baru Kota Jambi serta untuk mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis Islam pada pedagang sembako di Pasar Angso Duo Baru Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang peneliti analisa melalui berbagai teknik pengumpulan data dan analisa data menyatakan bahwa sebagian besar pedagang sembako di Pasar Angso Duo Baru Kota Jambi telah mengetahui dan memahami etika bisnis Islam dalam berdagang. Namun, masih ada yang tidak mengetahui tentang etika bisnis dan memahami apa itu etika bisnis. Ketidakfahaman informan pedagang tentang etika bisnis tersebut, karena istilah etika bisnis masih terdengar asing oleh beberapa pedagang yang dimana sebelumnya belum pernah mendengar atau mendapatkan informasi mengenai etika bisnis ini. Dan mengenai penerapan etika bisnis Islam yang didapatkan dari hasil wawancara peneliti dengan pedagang sembako dan pembeli jika ditinjau dari ke-empat prinsip-prinsip etika bisnis Rasulullah yang dijadikan tolak ukur yaitu sikap shiddiq, amanah, fathanah, dan tabligh, maka dapat dikatakan sebagian besar pedagang sembako Pasar Angso Duo Baru Kota Jambi sudah menerapkan etika bisnis Islam seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Namun belum sepenuhnya diterapkan oleh semua pedagang, karena tidak dapat dipungkiri pula bahwa masih terdapat beberapa pedagang yang belum menerapkan etika bisnis Islam dengan asumsi bahwa mereka sudah terbiasa dengan sistem perdagangan yang hanya mementingkan profit atau keuntungan dunia semata dan tidak memikirkan keberkahan yang didapat dalam berdagang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Penerapan, Pemahaman, Etika Bisnis Islam
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:37
Last Modified: 25 Nov 2020 04:38
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5904

Actions (login required)

View Item View Item