PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GAMES METHOD TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 MUARO JAMBI

Hardianti, Ririn and El Hilali, Husni and Ubaidah, Siti (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GAMES METHOD TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
RIIRN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Games Method Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain one grup pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Muaro Jambi pada bulan maret sampai bulan juni 2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Berdasarkan pelaksanaan penelitian mengenai penerapan metode pembelajaran games method terhadap minat belajar matematika kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Muaro Jambi bahwa skor pada saat posttest lebih tinggi dibandingkan pada saat pretest. Pada saat pretest ( sebelum diterapkan metode pembelajaran games method) skor minat belajar siswa tertinggi 60 dan skor terendah 46 dengan rata-rata pretest sebesar 50,75 dan standar deviasinya 4,176. Sedangkan pada saat posttest (sesudah diterapkan metode pembelajaran games method) skor minat belajar siswa tertinggi 81 dan skor terendah 63, dengan rata-rata postest 70,88 dan standar deviasinya 1,37. Maka, dapat dilihat dari data tersebut bahwa ada perbedaan rata-rata minat belajar matematika siswa pada saat sebelum diterapkan metode pembelajaran games method (pretest) skor rata-rata 50,75 sedangkan rata-rata minat belajar matematika siswa pada saat sesudah diterapkan metode pembelajaran games method ( posttest) adalah 70,88. Berdasarkan hasil pencarian t_tabel pada taraf signifikan 5%=2,13. Karena yang diperoleh dalam perhitungan adalah lebih besar dari pada t_tabel (baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%) yaitu 2,13<44,7>2,95 sehingga H_a yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran games method terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Muaro Jambi. Maka, dapat disimpulkan bahwa “r” didapat r_hitung<r_xy>r_tabel pada taraf signifikan 5% maupun taraf 1% atau 0,497<0,962>0,623. Dengan kata lain terdapat pengaruh signifikan antara penerapan metode pembelajaran games method terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Muaro Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Pembelajaran Games Method, Minat Belajar Matematika Siswa
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:02
Last Modified: 25 Nov 2020 03:04
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5874

Actions (login required)

View Item View Item