PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI

Husma, Safva Wardani and Usmar, Ali and Rofikoh, Rofikoh (2020) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI)
TM161364JUDUL- lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Safva Wardani Husma. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Pemahaman Konsep Matematik Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi, skripsi jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Macromedia Flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa. Metode dalam penelitian ini adalah True Experimental Design, dengan menggunakan desain Postest-Only Control Design yaitu terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. ((Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Two Group Randomized Subject Posttest Only.) Penelitian ini dilakukan di MTsN 2 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian yang diberikan berupa soal sebanyak 5 soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Chi-Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji beda varians untuk menguji homogenitas varians dan uji-t untuk menguji hipotesis. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,87 kemudian dikonsultasikan pada ttabel pada taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 62 diperoleh ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel atau 2,87 > 2,00, maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran macromedia flash lebih tinggi dari kemampuan pemahaman matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran macromedia flash berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Media Macriomedia Flash, Pemahaman Konsep
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:11
Last Modified: 24 Nov 2020 04:12
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5855

Actions (login required)

View Item View Item