Efektivitas Strategi Pemasaran Tabungan Wadi'ah Simpatik dalam meningkatkan Keputusan masyarakat di Bank Syari'ah mandiri Cabang Kuala Tungkal

Hotimah, Husnul and Miftah, A. A and Dja'far, Halimah (2020) Efektivitas Strategi Pemasaran Tabungan Wadi'ah Simpatik dalam meningkatkan Keputusan masyarakat di Bank Syari'ah mandiri Cabang Kuala Tungkal. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Efektivitas Setrategi Pemasaran Tabungan Wadi'ah Simpatik dalam meningkatkan Keputusan masyarakat di Bank Syari'ah mandiri cabang Kuala Tungkal)
TESIS HUSNUL HOTIMAH.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pemasaran Tabungan Wadi’ah Simpatik pada Bank Syari’ah Mandiri Cabang Kuala Tungkal serta keputusan masyarakat, permasalahan pada penelitian ini adalah mengapa strategi pemasaran Tabungan Wadi’ah Simpatik dalam meningkatkan keputusan masyarakat yang dilakukan oleh Bank Syari’ah Mandiri belum efektif? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan ndengan tekhnik observasi , wawancara dan dokumentasi. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Tekhnik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan /verifikasi. Keterpercayaan hasil penelitian diperoleh dengan tekhnik perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triagulasi data dan konsultasi pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keputusan msyarakat terhadap Tabungan Wadi’ah Simpatik masih rendah, hal ini terlihat rendahnya keinginan masyarakat untuk mencari informasi, rendahnya kesediaan mereka untuk membayar harga, serta sedikit sekali yang merekomendasikannya kepada orang lain dan factor yang mempengaruhinya dalah kurang dipromosikannya tabungan ini serta berakhirnya program channeling yang dilakukan oleh Bank Syari’ah Mandiri cabang Kuala Tungkal , adapun strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Syari’ah Mandiri Kuala Tungkal dalam memasrkan Tabungan Wadi’ah Simpatik adalah dengan marketing mix strategi , penetapan produk harga, promosi dan distribusi tempat serta melakukan kerjasama channeling dengan lembaga pendidikan dan lembaga pemerintah. Namun strategi pemasaran yang dilakukan tersebut belum efektif karena masih banyak masyarakat yang tidak mengenal tabungan ini, masih banyak yang merasa tidak puas dan citra bank syari’ah juga belum terlalu baik dimata masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pemasaran Tabungan Wadi’ah Simpatik yang dilakukan Bank Syari’ah Mandiri Kuala Tungkal masih belum efektif serta masih rendahnya keputusan masyarakat terhaap tabungan ini.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: keputusan evektifitas, strategi pemasaran, Tabungan Wadi’ah Simpatik.
Subjects: 2x4 Fiqih
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2020 08:56
Last Modified: 27 Nov 2020 09:01
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5849

Actions (login required)

View Item View Item