IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU BERBASIS PONDOK PESANTREN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-JAUHAREN JAMBI KOTA SEBERANG

APRILA, NURAFNI and Khadijah, Khadijah and Nazari, Nazari (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU BERBASIS PONDOK PESANTREN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-JAUHAREN JAMBI KOTA SEBERANG. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU BERBASIS PONDOK PESANTREN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-JAUHAREN JAMBI KOTA SEBERANG)
NURAFNI APRILA, TP161540 - IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU BERBASIS PONDOK PESANTREN DI MTS AL-JAUHAREN JAMBI KOTA SEBERANG.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Terpadu Berbasis Pondok Pesantren di Madrasah Tsanawiyah Al-Jauharen Jambi Kota Seberang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan berdasarkan pengamatan sendiri secara lamgsung ke lapangan, wawancara sebagai bentuk komunikasi semacam percakapan yang bertujuan memperoleh informasi, dan dokumentasi merupakan data terhadap hal-hal seluk beluk penelitian yang dilakukan baik berupa catatan, buku, agenda dan lain sebagainya. Dari hasil penelitian Implementasi kurikulum terpadu di madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-jauharen bertujuan untuk mengetahui Implementasi kurikulum terpadi di madrasah tsanawiyah al-jauharen. Mulai dari persiapan, pelaksanaan dan mengetahui kendala yang dihadapi di madrasah pada saat Implementasi kurikulum terpadu. Penelitian menemukan bahwa dalam menentukan kurikulum berdasarkan kebutuhan siswa membutuhkan waktu jangka panjang. Persiapan yang dilakukan pada saat Implementasi kurikulum terpadu: kesiapan SDM, Sarana prasarana dan kesiapan tekhnologi. Guru melakukan metode mengajar variatif bertujuan agar siswa tidak merasa bosan pada saat pembelajaran berlangsung. Kendala yang dihadapi Implementasi Kurikulum terpadu: minimnya media yang dimiliki seperti M-Focus dan ruang multimedia, peserta didik, dan rendahnya disiplin guru. Adapun upaya yang dilakukan yaitu: adanya penambahan media seperti M-Focus dan ruangan multimedia, menciptakan suasana yang menyenangkan, dan kepala Madrasah berupaya meningkatkan kedisiplinan diri yang tinggi pada semua guru. Hasil dari penelitian ini agar Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Jauharen lebih baik dalam Implementasi Kurikulum Terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kesuksesan adalah kemampuan untuk beranjak dari suatu kegagalan ke kegagalan yang lain tanpa kehilangan keinginan untuk berhasil
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 24 Nov 2020 06:48
Last Modified: 24 Nov 2020 06:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5845

Actions (login required)

View Item View Item