PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 192/VI RASAU II

Mirnanda, Jeni and Mahluddin, Mahluddin and Sari, Sri Yulia (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 192/VI RASAU II. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 192/VI Rasau II)
SKRIPSI JENI MIRNANDA - TPG.161903.pdf - Published Version

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN 192/VI Rasau II yang disebabkan oleh rendahnya kulitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dimana kurangnya metode , model maupun strategis yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran Tematik untuk menimbulkan kebosanan pada siswa dan siswa menjadi pasif saat pembelajaran berlansung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang bersifat deskripif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar di SDN 192/VI Rasau II. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 192/VI Rasau II, sedangkan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Tema Peduli terhadap makhluk hidup. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan melaui 4 tahapan yang mencakup : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penigkatan aktifitas belajar siswa dapat diukkur dari evaluasi siklus 1, dan siklus II. Dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 64 % dan siklus II 82%. Sedangkan peningkatan hasil keaktifan siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, keaktifan siswa pada siklus I sebesar 3,57 dengan kategori “mendekati aktif” dan keaktifan siswa pada siklus II sebesar 4,57 dengan kategori “aktif”. Dengan demikian hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi telah tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Keaktifan Belajar, Projrct Based Learning, Pembelajaran Tematik
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:23
Last Modified: 23 Nov 2020 07:24
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5819

Actions (login required)

View Item View Item