PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI IBADAH SHALAT DHUHA DI MADRASAH ALIYAH NURURRODHIYAH KOTA JAMBI

ANGGA BERTA, WELY and Adnan, Latifah and Syahbani, Nispi (2020) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI IBADAH SHALAT DHUHA DI MADRASAH ALIYAH NURURRODHIYAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI IBADAH SHALAT DHUHA DI MADRASAH ALIYAH NURURRODHIYAH KOTA JAMBI)
NIM TP 161627 Peran Guru Dalam Meingkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Ibadah Shalat Dhuha Di Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk memaparkan secara deskriptif tentang kedisiplinan Shalat Dhuha Peserta didik di Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha meliputi guru sebagai kordinator, guru sebagai pendamping kegiatan, guru sebagai pengawas kegiatan dan guru sebagai contoh teladan. Peranan guru dalam pelaksanaan shalat dhuha didukung oleh beberapa faktor, yaitu telah tersedianya mesjid dilingkungan madrasah, guru-guru yang kompeten, serta dukungan masyarakat sekitar madrasah. Meskipun demikian, pelaksanaan shalat dhuha masih belum berjalan maksimal disebabkan beberapa faktor penghambat di antaranya guru belum berperan secara maksimal karena masih ada yang belum menjalankan fungsinya dengan baik, begitu juga dengan latar belakang peserta didik yang beragam, membuat guru kewalahan dalam mendisiplikan mereka. Untuk itu, penelitian ini merekomendasikan kepada pihak madrasah agar terus memberikan motivasi kepada peserta didik, serta menjalin kerjasama dengan orang tua dan masyarakat untuk turut mendukung program pembinaan kedisplinan peserta didik di madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peran Guru, Kedisiplinan, Shalat Dhuha
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 23 Nov 2020 06:50
Last Modified: 23 Nov 2020 06:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5814

Actions (login required)

View Item View Item