PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI

Nurwandi, Khoiri and Usmar, Ali and Bestari, Hendra (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar)
skripsi khoiri Nurwandi watermark baru.pdf

Download (2MB)

Abstract

Khoiri Nurwandi. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi, skripsi jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar matematika. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design, dengan menggunakan desain Postest-Only Control Design yaitu terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. ((Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Two Group Randomized Subject Posttest Only.) Penelitian ini dilakuakn di MTsN 2 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian yang diberikan berupa angket sebanyak 15 butir pernyataan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Chi-Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji beda varians untuk menguji homogenitas varians dan uji-t untuk menguji hipotesis. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,30 kemudian dikonsultasikan pada ttabel pada taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 62 diperoleh ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel atau 2,30 > 1,67, maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi dari motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Tipe Make A Match, Motivasi Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:07
Last Modified: 24 Nov 2020 04:09
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5803

Actions (login required)

View Item View Item